16 May 2017

Interconnection Cisco Packet Tracer

Interconnection Cisco Packet Tracer
Interconnection Cisco System
Interconnection Cisco Packet Tracer. Representasi yang Anda lihat di gambar di atas adalah skematik, berdasarkan pada simulasi cisco ketika segmen LAN diwujudkan secara fisik dengan menggunakan belokan kawat tipis, dan setiap PC dihubungkan oleh konektor T kabel tunggal ini.



Copy Semua kode di Bawah Ini

Setelah itu Paste di Notepad/text editor lainya dan Save as Interconnection.pkt ( ingat gan extensionya pkt ) setelah itu buka menggunakan Cisco Packet Tracer nb: tambahan untuk tutorial sebelumnya yang membahas atau share source code bisa di rename menjadi .pka ( karena cisco source yang saya share ini ada yang berextension pkt dan pka

Ini adalah soal Experiment yang lumayan , berikut keterangan dari source code di atas
  • EKSPERIMEN Coba buat interkoneksi antara 3 buah network yang terhubung pada sebuah router. Di network-1 terdapat DNS Server dan 1 workstation, di network-2 terdapat HTTP Server (pada domain www.yogi-aw.id) dan 1 workstation, di network-3 terdapat HTTP Server (pada domain www.yogithesymbian.blogspot.com) dan 1 workstation. Lakukan konfigurasi sedemikian sehingga setiap workstation bisa mengakses layanan server-server yang ada pada tiga network tersebut. Ilustrasi pada gambar Paling atas !
Interconnection Cisco Packet Tracer
Testing Configuration ( tes konfigurasi )


Jika ada yang kurang paham bisa bertanya di bawah ( soal routing dan lainya akan saya post untuk pembahasan nanti ya gan )

Berikut sedikit penjelasan :

Sambungan antara router dan switch bisa berupa OR OR biasa. Jika sudah normal maka semua PC yang ada akan berada di subnet IP yang sama seperti interface Fa0 / 0 pada router. Jika Fa0 / 0 berbatang, maka router akan menggunakan sub-interface Fa0 / 0.1 Fa0 / 0.2 etc dengan pernyataan dot1Q yang mengidentifikasi VLAN_number. Antarmuka switch akan memiliki sebuah "akses switchport vlan vnnumber untuk mencocokkan setiap router atau componen lainya

Mengenai hierarki, Layer 2/3 Switches dapat menggantikan suatu router untuk konektivitas LAN lokal, mengembang ke switch Layer 2. Itu semua tergantung dari jumlah tx ( transfer data ) dan jangkauan geografis jaringan yang dibutuhkan. Kemudian "Router" akan berfungsi sebagai perangkat koneksi interkoneksi WAN.
Sekian dan Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

2 komentar

wih cisco paket tracer...
tapi itu bahasa apa codenya??

itu saya akalin gan , ane kaga mau upload dan lain sebagainya karena tos google ( itu file interconnection.pkt ) yang saya rename jadi txt jadi ane implementasikan code nya share dsini biar lebih mudah ( lalu di rename kembali menjadi pkt ( di buka menggunakan Cisco Packet Tracer )


EmoticonEmoticon